Seperti yang kita ketahui bahwa biaya untuk pergi ke tanah suci atau umroh tidaklah sedikit, kadang kala kita butuh waktu untuk mengumpulkan uang agar bisa pergi umroh namun kita sering kali gagal untuk menabung karena inkonsistensi ataupun berbagai macam cobaan dan godaan agar kita menggunakan tabungan umroh kita, nah kali ini admin tji punya tips bagi calon jemaah yang ingin menabung umroh agar konsisten sehingga dapat mewujudkan mimpinya ke Baitullah.


Berikut tips menabung untuk umroh:


Luruskan niat


Ketika kita berbicara tentang ibadah bagi seorang muslim tentunya tidak akan terlepas dari niat kita melakukan ibadah tersebut, maka niat akan menjadi pondasi utama dala melakukan ibadah, sesuai dengan hadits tentang niat ini:

Dari Umar radhiyallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Amal itu tergantung niatnya, dan seseorang hanya mendapatkan sesuai niatnya. Barang siapa yang hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barang siapa yang hijrahnya karena dunia atau karena wanita yang hendak dinikahinya, maka hijrahnya itu sesuai ke mana ia hijrah.” (HR. Bukhari, Muslim, dan empat imam Ahli Hadits)

maka sangat penting bagi kita untuk meluruskan niat ibadah kita hanya kepada Allah ﷻ, agar ibadah yang kita lakukan tidak sia-sia


Berdoa kepada Allah agar diberi kelancaran 


وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ۚ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ

“Dan Rabbmu berfirman: berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Ku-perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari beribadah kepada-Ku (berdoa kepada-Ku) akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina.” (QS. Al-Mu’min: 60)

Sebagai seorang muslim doa merupakan jalan bagi kita untuk bermunajat kepada Allah ﷻ, kita sebagai manusia dianjurkan untuk selalu berdoa kepada Allah ﷻ dengan penuh kekhusyuan, keberserahan, dan kepercayaan bahwa doa kita pasti akan dikabulkan oleh Allah ﷻ.


Milikilah komitmen yang kuat


Sangat penting untuk memiliki komitmen yang kuat untuk berangkat hai/umroh, karena komitmen akan memberikan kita semangat dan motivasi agar kita bisa konsisten untuk mewujudkan impian kita ke baitullah, sudah selayaknya seorang muslim memiliki komitmen yang kuat untuk bertamu ke rumah Allah ﷻ.


Membuka pkiran bahwa kamu layak menjadi hamba yang Allah panggil ke baitullah


Sebagai manusia, kita terkadang merasa tidak percaya diri atau pesimis jika kita bisa mencapai impian yang kita miliki, tetapi apakah kita benar tidak mampu atau tidak layak untuk mencapai impian tersebut? tentu saja tidak, syaikh muhammad bin muhammad mukhtar syinqithi berkata, seluruh pesimisme, ketidakpercayaan diri datangnya dari syaithon, maka berlindunglah kepada Allah, mohonlah ampunan dan karunia dari Allah agar kita diberi kemudahan untuk mencapai impian kita.


Batasi pengeluaran bulanan


Dalam mengatur keuangan sebenarnya tidak sesulit yang kita bayangkan. seringnya, terlihat sulit karena kita tidak memiliki kemauan yang cukup untuk membatasi pengeluaran bulanan, selain itu kita juga tidak mengetahui bagaimana caranya mengatur keuangan yang baik. untuk bisa mengatur keuangan lebih baik, beberapa tips ini bisa sahabat tji lakukan, yang pertama adalah membentuk anggaran agar dapat memprediksi pengeluaran bulanan, kemudian membagi anggaran ke beberapa post agar tidak tercampur, shabat tji juga bisa menggunakan trik 50-30-20. 50% untuk kebutuhan sehari-hari (listrik, makanan, bayar kos, dan lainnya), 20% untuk membayar utang atau ditabung, dan 30% untuk mencapai impian sahabat tji dalam hal ini contohnya adalah umroh.Terakhir, shabat tji bisa melakukan evaluasi pengeluaran agar menjadi lebih efektif.


Menabunglah uang dari sumber yang halal


Salah satu hal yang sering kali kita remehkan adalah pentingnya memiliki pendapatan halal, di zaman modern ini seringnya terjadi bias antara pendapatan halal dan haram, maka penting sekali bagi kita sebagai muslim untuk memastikan jika pendapatan kita adalah bersumber dari pendapatan yang halal. Abu Hurairah Radhiyallahu anhu berkata, “Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: Sesungguhnya Allâh Azza wa Jalla baik dan Dia tidak akan menerima kecuali yang baik. Dan sesungguhnya Allâh telah memerintahkan kepada orang-orang Mukmin dengan apa yang telah diperintahkan kepada para Rasul. sebagaimana Allâh Azza wa Jalla berfirman :

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُلُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا رَزَقْنَاكُمْ

“Wahai orang-orang yang beriman, makanlah makanan yang baik dari rezeki yang Kami berikan kepada kalian”[al-Baqarah/2:172].

Dari Jabir bin Abdillah Radhiyallahu anhu bahwa Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

يَا كَعْبُ بْنَ عُجْرَةَ إِنَّهُ لاَ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ لَحْمٌ نَبَتَ مِنْ سُحْتٍ

Wahai Ka’ab bin ‘Ujrah, sesungguhnya tidak akan masuk surga daging yang tumbuh dari makanan haram. [HR. Ibn Hibban dalam Shahîhnya]


Usahakan Jangan Berhutang


Seorang muslim tidak dilarang untuk berhutang, dengan catatan hutangnya tidak mengandung riba asalkan mampu membayar hutangnya, tetapi usahakan jangan berhutang untuk haji atau umroh karena ibadah tersebut wajib bagi muslim yang mampu dari segi fisik, finansial dan waktu, sesuai firman Allah:

فِيْهِ اٰيٰتٌۢ بَيِّنٰتٌ مَّقَامُ اِبْرٰهِيْمَ ەۚ وَمَنْ دَخَلَهٗ كَانَ اٰمِنًا ۗ وَلِلّٰهِ عَلَى النَّاسِ حِجُّ الْبَيْتِ مَنِ اسْتَطَاعَ اِلَيْهِ سَبِيْلًا ۗ وَمَنْ كَفَرَ فَاِنَّ اللّٰهَ غَنِيٌّ عَنِ الْعٰلَمِيْنَ

Artinya: Di sana terdapat tanda-tanda yang jelas, (di antaranya) maqam Ibrahim. Barangsiapa memasukinya (Baitullah) amanlah dia. Dan (di antara) kewajiban manusia terhadap Allah adalah melaksanakan ibadah haji ke Baitullah, yaitu bagi orang-orang yang mampu mengadakan perjalanan ke sana. Barangsiapa mengingkari (kewajiban) haji, maka ketahuilah bahwa Allah Mahakaya (tidak memerlukan sesuatu) dari seluruh alam. [Ali Imran: 97].


Gunakan jasa tabungan umroh agar terkontrol


Menggunakan jasa tabungan umroh memiliki beberapa manfaat yang dapat membantu Anda dalam merencanakan dan mempersiapkan perjalanan ibadah Umrah. Ada beberapa alasan mengapa Anda mungkin ingin menggunakan jasa tabungan umroh seperti Pengaturan Keuangan yang Teratur, Keamanan Dana, Paket dan Fasilitas yang Terjamin, Pendampingan dan Bimbingan, Kemudahan Pembayaran

Meskipun menggunakan jasa tabungan umroh memiliki beberapa manfaat, penting untuk melakukan riset dan memilih jasa tabungan umroh yang terpercaya dan memiliki rekam jejak yang baik. Pastikan Anda memahami dengan jelas syarat dan ketentuan yang berlaku sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa tersebut.

Tabung Jumroh Indonesia adalah solusi terbaik untuk mewujudkan mimpimu menuju Baitullah. kami memiliki program tabungan umroh terbaik, teraman, terpercaya. hanya dengan Rp750,000 teman-teman sudah terdaftar sebagai peserta tabungan umroh di TJI.


Segera daftarkan dirimu untuk menjadi calon tamu Allah!